Belajar Program Java

15 Oct 2010

Tulisan ini diperuntukkan untuk orang yang ingin memulai belajar bahasa pemrograman java.

Saat ini bahasa java sangat terkenal dan sering digunakan untuk membangun projek-projek IT karena portabilitasnya tinggi, mudah dirawat dan berbagai keunggulan bahasa java lainya. Berbagai tutorial dan buku bermunculan, bahkan sumber-sumber gratis pun sangat banyak. Banyaknya sumber-sumber belajar ini terkadang membuat orang yang ingin memulai belajar kebingungan mencari sumber yang tepat bagai mencari jarum di tumpukan jarum (kalau jarum di tumpukan jerami mudah dicari pakai sensor logam ^_^ ).

Yang ingin saya sampaikan adalah, jika ingin belajar java, anda jangan mencari sumber yang tepat. Jangan pernah mencari jarum di tumpukan jarum kecuali anda mengerti jarum yang tepat bagi anda itu seperti apa bentuknya, jika tidak maka semua jarum kelihatan sama. Yang penting bagi anda adalah menggunakan jarum untuk menjahit. Semua jarum itu mirip, jika anda dapati jarum itu tumpul, maka ambil jarum yang lain(toh jarumnya ada banyak). Jika sudah mengerti konsep dasar bahasa java dan bagaimana memakainya, maka anda tidak akan kebingungan lagi mencari sumber yang tepat. Suatu saat anda ingin menjahit kain goni, maka yang harus anda cari adalah jarum untuk kain goni. Hehe.

HelloWorld.java

class HelloWorld{
public static void main(String[] args){
System.out.println(”Hello World”);
}
}

Kode diatas sangat terkenal. Dimana-mana kode itu adalah yang pertama kali ditunjukkan untuk memulai belajar bahasa pemrograman, dalam hal ini java, untuk menampilkan tulisan di layar monitor. Saya tidak akan jelaskan kode itu, karena itu buat orang yang sudah mengerti menjalankan kode tersebut. Bagaimana caranya menjalankan?

Yang perlu anda lakukan agar bisa membuat program java dan menjalankannya adalah menginstall 2 applikasi yang disediakan java (sekarang milik oracle) yaitu:
- JDK
- JRE
silahkan dicari di google, ambil link yang milik oracle.

Setelah 2 applikasi itu diinstall, maka anda dapat menjalankan program diatas dengan langkah:

1. Mengkompilasi file HelloWorld.java:
C:\direktori_tempat_anda_menyimpan_file_anda> javac HelloWorld.java

2. Menjalankan hasil kompilasi:
C:\direktori_tempat_anda_menyimpan_file_anda> java HelloWorld

Jika anda masih belum bisa menjalankan 2 langkah diatas, maka sejauh manapun anda membaca java, anda belum memulai langkah pertama anda. Masalah yang timbul biasanya adalah PATH, yang bisa diselesaikan dengan langkah kira-kira berikut:

Windows:
My Computer->klik kanan->properties->advanced->environment variables->User Variables->New

variable name= PATH
variable value= direktori dimana anda menyimpan instalasi java anda.
lokasi instalasi biasanya C:\>Program FIle\Java.versinya\bin
atau
C:\>Java.versinya\bin

Linux:
Anda bisa tambahkan line dibawah ini di file .bashrc (terletak di home directory. kalau anda punya gedit bisa langsung anda ketik: gedit .bashrc ).

export PATH=$PATH:/lokasi tempat anda menyimpan instalasi java/bin

lokasi instalasi biasanya /usr/lib/jvm/java.versinya/bin

Setelah anda bisa menjalankan kode HelloWorld diatas, maka saya ucapkan selamat bagi anda karena anda sudah melihat bentuknya jarum java. Banyak orang yang belajar java di komputer yang sudah di kondisikan untuk bisa mengkompilasi dan menjalankan java, tanpa mengetahui bagaimana mengkondisikannya. Orang-orang ini seperti belajar berbagai macam teknik menjahit tanpa mengetahui bentuk jarum itu seperti apa.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post